BeritaMenanti Kiprah Recurve Merah Putih di Yecheon

16 Mei 2024

“Pada Hyundai Archery World Cup Stage (AWCS) 2 di Yecheon, tim recurve putri dibebankan untuk meraih medali perunggu, sedangkan tim recurve putra finis di empat besar”

Jakarta, 16 Mei 2024 –  Tim nasional panahan Indonesia tengah berada di Korea Selatan dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti lanjutan Hyundai Archery World Cup Stage (AWCS) 2 yang berlangsung di Yecheon Youth Training Center, di Yecheon, Korea Selatan.

Bertolak dari Bandara Soerkarno Hatta pada Minggu (12/5/24), Timnas panahan Indonesia berisikan kekuatan penuh untuk recurve putra dan putri, di antaranya Riau Ega, Arif Pangestu, Bagas Prastyadi, Ahmad Baasith, Diananda Choirunnisa, Rezza Octavia, Anindya Putri, dan Syifa Kamal.

Sementara itu, yang mendampingi para atlet, antara lain pelatih kepala Lilies Handayani, pelatih Lee Kyung Chul, Denny Decko, Performa Analist Kuswahyudi, dua sport terapis Fika Nisa dan Hari Muharom, serta Waketum II Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Perpani Abdul Razak.

Seyogyanya AWCS 2 di Yecheon baru akan dilaksanakan pada 21 – 26 Mei 2024. Namun, para atlet beserta tim pelatih lebih dulu bertolak ke Korea Selatan untuk berlatih lebih dulu di salah satu pemusatan pelatihan atlet panahan di Daegu, Korea Selatan.

Dalam sesi pelatihan, timnas panahan Indonesia terlihat berlatih bersama atlet panahan lain dari Iran dan Korea Selatan. Pelatihan bersama tersebut, selain meningkatkan kepercayaan diri karena lebih dini beradaptasi dengan kondisi cuaca di negeri gingseng, tetapi juga mendapat partner dalam latih tanding bersama.

Seperti diketahui, AWCS 2 merupakan rangkaian dari persiapan para atlet timnas panahan divisi recurve untuk menghadapi multievent terbesar Olimpiade Paris. Indonesia masih akan berupaya untuk merebut tiket beregu putra dan putri dari kualifikasi terakhir di Antalya, Turki pada Juni mendatang. Tiket tersebut bakal memperkuat dua kuota tiket Olimpiade Paris yang sudah dikantongi.

Abdul Razak, ketika dihubungi, mengatakan, sekurang-kurangnya ada empat target utama timnas recurve putra dan putri pada ajang AWCS 2 tersebut. “Target pertama adalah memperkuat mental bertanding para atlet dengan membiasakan diri dalam turnamen panahan internasional,” katanya.

Target lain, lanjut dia, adalah memperbaiki rangking untuk mengantisipasi tiket olimpiade Paris. “Sementara itu, tim recurve putri dibebankan untuk meraih medali perunggu, sedangkan tim recurve putra finis di empat besar,” kata dia.

Dengan target tersebut, para atlet diharapkan dapat menampilkan performa terbaik. Bersamaan dengan semakin dekatnya kualifikasi akhir dan ajang Olimpiade Paris, para atlet harus segera meningkatkan performa dan tampil lebih baik dari hasil yang dicapai pada HAWCS 1 di Shanghai, China, beberapa waktu lalu.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.