BeritaSeleksi Nasional PERPANI Dukung Energi Bersih Nihil Karbon

23 Februari 20230

JAKARTA–Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB PERPANI) mendukung upaya pemerintah mewujudkan energi bersih menuju nihil karbon melalui kendaraan listrik. Dukungan itu diperlihatkan dengan pemakaian bus listrik untuk transportasi atlet dari berbagai daerah yang sedang mengikuti Seleksi Nasional Tahap 1 pada 21-23 Februari 2023.

“Ada dua bus yang kami sediakan untuk antar jemput atlet dan ofisial dari hotel ke lapangan,” kata Ketua Pelaksana Seleksi Nasional 2023 sekaligus Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Perpani, Abdul Razak, Rabu (22/2/2022).

Komitmen Perpani itu sejalan dengan visi World Archery dalam kelestarian lingkungan, sosial, dan ekonomi di semua tingkat operasi dan tata kelolanya. World Archery termasuk organisasi olahraga yang mendapatkan Carbon Action Award dari Komite Olimpiade.

Bus Listrik yang Dipakai Para Atlet Panahan (PT Indika Group dan Foxconn)

Di Indonesia, Razak mengatakan komitmen menuju nihil karbon itu juga menjadi penekanan Ketua Umum PB Perpani, Arsjad Rasjid. “Penggunaan bus listrik untuk membawa para atlet menjadi salah satu komitmen kami membantu program pemerintah menuju zero emission,” kata Razak.

Bus listrik yang dipakai para atlet panahan itu merupakan produksi perusahaan asal Taiwan Foxconn yang berkolaborasi dengan PT Indika Group. Bus dengan merek Foxtron ini didatangkan oleh Energi Makmur Buana, anak perusahaan dari Indika Energy Group yang bekerja sama dengan Foxconn membuat kendaraan listrik di Indonesia.

Penggunaan bus listrik untuk antar jemput atlet dan ofisial, kata Razak, merupakan kali pertama dalam proses seleksi nasional. PB PERPANI menggelar seleksi nasional atlet panahan menjelang Olimpiade Paris 2024 dan Asian Games Hanzhou China September 2023 nanti.

Peserta yang lolos tahap 1 akan mengikuti tahap selanjutnya yang berlangsung pada 7-9 Maret 2023. Peserta seleksi yang lolos itu akan menjalani pemusatan latihan bersama atlet nasional, seperti, Riau Ega Agatha Salsabila (Olympian 2021), Arif Dwi Pangestu (Olympian 2021 medali emas SEA Games 2021), Alviyanto Bagas (Olympian 2021), Diananda Choirunisa (Olympian 2021), Rezza Octavia (Medali emas Individu Recurve SEA Games 2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.