BeritaAsa Pemanah Muda Pada Seleknas Panahan Tahap 1

23 Februari 20230

JAKARTA–Seleksi Nasional Atlet Panahan Tahap 1 memunculkan calon pemanah masa depan Indonesia. Para pemanah muda tetap menjaga asa dan optimistis mengikuti seleksi agar masuk tim nasional meskipun harus bersaing dengan pemanah yang lebih senior.

“Harus tetap optimistis meskipun perjuangannya berat menghadapi pemanah yang lebih senior,” kata M Ryan Hidayat, 16 tahun.

Ryan mengikuti seleksi pemanah yang akan masuk tim nasional bersama 38 pemanah lainnya dari 13 provinsi di Indonesia. Ryan mulai belajar cabor panahan dari kategori standar bow. Kategori itu ditekuninya sejak Desember 2017.

Ryan berpindah ke kategori compound pada akhir tahun 2019. Ia meraih emas pada Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat 2022. Medali itu mengantarkannya ke Seleksi Nasional Tahap 1 yang berlangsung pada 21-23 Februari 2023. Ryan mewakili Jawa Barat bersama Deki Andika Hastian di Compound Men dan Ahmad Khoirul Baasith di kategori Recurve Men.

Pemanah muda lainnya pun memiliki harapan sama. Nashwa Wibowo yang baru berusia 15 tahun, merupakan atlet panahan wakil dari DI Jogjakarta. Nashwa mengikuti Seleksi Nasional Tahap 1 karena prestasinya pada Kejuaraan Nasional Senior di Palangkaraya 2022.

 

Asa Pemanah Muda Pada Seleknas Panahan Tahap 1, 2023 (Dok: PB Perpani)

 

Ia meraih emas dalam kategori beregu recurve wanita bersama rekannya Anindya Nayla Putri. Nashwa juga peraih medali perunggu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua. “Proses seleksi sangat berat, tetapi saya berusaha menampilkan yang terbaik,” ujar Nashwa.

Seleksi Nasional 2023 Tahap 1 diikuti oleh pemanah dari berbagai usia. Syaratnya, pemanah mesti memiliki prestasi di Pekan Olahraga Nasional dan Kejuaraan Nasional. Atlet yang tidak meraih medali pada even nasional dapat tetap mengikuti seleksi apabila skor minimalnya terpenuhi.

Peserta yang lolos tahap 1 akan mengikuti tahap selanjutnya yang berlangsung pada 7-9 Maret 2023. Peserta tahap kedua (final) ini merupakan hasil Seleknas 2022 dan Seleknas Tahap 1 2023 digabungkan dan diambil 12 besar per divisi per gender.

Atlet yang lolos seleksi ini akan bergabung dalam pemusatan latihan bersama pemanah nasional antara lain, Riau Ega Agatha Salsabila (Olympian 2021), Arif Dwi Pangestu (Olympian 2021 medali emas SEA Games 2021), Alviyanto Bagas (Olympian 2021), Diananda Choirunisa (Olympian 2021), Rezza Octavia (Medali emas Individu Recurve SEA Games 2021).

Ketua Pelaksana Seleksi Nasional 2023, Abdul Razak mengatakan, Seleksi Nasional Atlet Panahan dipersiapkan untuk menghadapi even internasional seperti Olimpiade dan Asian Games. “Seleksi juga sekaligus menjaring bakat muda yang tersebar di beberapa wilayah,” ujar Abdul Razak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.