Berita72 Atlet Barebow Menghujamkan Panah di Gelora Bung Karno

9 Maret 2023

JAKARTA, 09 Maret 2023 – Di sela-sela ajang Seleksi Nasional (Seleknas) Tahap II PB Perpani, sebanyak 72 atlet panahan divisi barebow turun ke Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta. Kedatangan 72 atlet panahan barebow tersebut merupakan bagian dari eksibishi yang menunjukkan animo dan antusias masyarakat terhadap olahraga tarik busur tersebut.

Ketua Panitia Seleknas PB Perpani Abdul Razak mengatakan, pihaknya sengaja mengundang para atlet dari divisi barebow untuk berpartisipasi dalam ajang Seleknas ini agar barebow semakin dikenal masyarakat. Ajang ini sekaligus bagian dari promosi yang memperlihatkan kesiapan para barebower untuk mengikuti ajang turnamen daerah, nasional, bahkan internasional.

“Ceritanya saya buka kesempatan bagi sukarelawan barebower untuk menembak di Lapangan Panahan GBK, Tidak sampai tiga puluh menit, semua slot sudah terisi. Mereka datang dari berbagai provinsi secara sukarela untuk menunjukkan barebow juga bisa seperti divisi-divisi panahan lainnya,” ujar dia.

Sejauh pemantauan pada pertandingan eksebishi kemarin, 72 peserta pria dan wanita turun serentak untuk menghujamkan anak panah pada papan skor pada jarak 50 meter. Mereka datang dari 11 Provinsi, di antaranya Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, banten, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung, dan Sumatra Utara.

Dengan mengikuti aba-aba dari wasit, pertandingan eksebishi tersebut berlangsung dengan mengikuti standar turnamen internasional. Ada dua kali sesi kualifikasi dengan sistem perhitungan skor sebagaimana layaknya pertandingan panahan.

Berbeda dengan divisi lain, barebow memiliki keunikan dari sisi busur. Tidak seperti biasanya pada recurve dan compound, barebow cenderung tidak memakai alat bantu atau penunjang elektrik. Dengan demikian, barebower benar-benar mengandalkan ketangkasan, kekuatan, dan adu teknik dalam menghujamkan anak panah.

Razak menambahkan, PB Perpani akan berupaya untuk memperjuangkan divisi barebow dapat dipertandingkan di ajang PON Aceh mendatang. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri terhadap wacana divisi barebow bakal akan dipertandingkan di ajang Sea Games. Potensi barebow untuk mendulang medali bagi Tanah Air cukup dominan mengingat hasil yang diperoleh atlet barebow pada ajang kompetisi barebow sekawasan ASEAN yang baru-baru ini dilaksanakan di Malaysia. Indonesia menjadi juara umum, mengungguli tujuh negara ASEAN lainnya.

 

 

 

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.