BeritaEmpat dari Enam Terbaik, Atlet Pelatnas Juga Harus Bersaing Ke Dalam

9 Maret 2023

JAKARTA, 09 Maret 2023 – Ajang Seleksi Nasional (Seleknas) Tahap II PB Perpani bakal mulai memasuki masa pengumpulan skor pada Kamis (09/03/23) hari ini, di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta. Setelah dinyatakan lolos menjadi atlet pelatnas, keenam atlet terbaik untuk masing-masing divisi, baik compound maupun recurve harus bersaing ke dalam.

Pasalnya, cuma empat dari enam atlet pelatnas cabang olahraga panahan yang akan ikut dalam berbagai kejuaraan internasional, termasuk Olimpiade.

Ketua Panitia sekaligus Waketum II Pembinaan dan Prestasi PB Perpani Abdul Razak mengatakan, para atlet yang terpilih menjadi atlet pelatnas tidak otomatis akan dikirim ke kejuaraan internasional, termasuk olimpiade. Pasalnya, hanya empat atlet yang bakal mewakili Indonesia pada ajang bergengsi internasional tersebut. Karena itu, setelah terpilih, dedikasi para atlet harus ditunjukkan dengan persaingan yang sehat antaratlet di pelatnas.

“Sebelum turun ke turnamen internasional, termasuk dalam ajang pengumpulan poin menuju Olimpiade Paris 2024, kami akan mengadakan turnamen internal untuk mengukur daya kompetitif setiap atlet pelatnas yang pantas mewakili Indonesia. PB Perpani diberi mandat untuk mendulang prestasi medali, sehingga atlet terpilih harus benar-benar siap bertarung,” ujar dia.

Razak menambahkan, selain turnamen internal, atlet-atlet tersebut juga akan dikirim ke ajang series internasional untuk mendapatkan jam terbang dan rangking internasional. Ada delapan series internasional yang akan diikuti atlet pelatnas dari sebelas series yang dipertandingkan oleh World Archery. Ke delapan series tersebut, antara lain Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Asian Games Hangzhou, dan Kejuaraan Asia Panahan di Bangkok. Ketiga turnamen di bawah kalender World Achery tersebut juga menjadi ajang pengumpulan skor untuk kualifikasi Olimpiade Paris nantinya.

“Secara peringkat memang atlet-atlet kita jauh di bawah atlet-atlet dari negara lain. Hal ini karena atlet kita banyak yang absen dari turnamen internasional. Namun, secara skor, atlet kita mampu bersaing dan sejajar dengan atlet-atlet internasional,” katanya.

Seperti diketahui, ajang Seleknas Tahap II akan memilih enam atlet putra dan putri untuk divisi compound serta tiga atlet putra dan empat atlet putri untuk divisi recurve, melengkapi atlet divisi recurve yang sudah bergabung lebih dulu ke pelatnas karena prestasi mereka di sejumlah ajang Olimpiade maupun turnamen internaional lainnya.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.