BeritaD’Almeida, Schloesser, dan Gibson Tak Goyah dari Puncak

4 Maret 2024

Jakarta, 04 Maret 2024 – Memasuki kuartal pertama tahun ini, posisi puncak di peringkat panahan dunia tidak banyak berubah. Marcus D’Almeida masih kokoh di puncak recurve putra, sedangkan Mike Schloesser dan Ella Gibson tetap jadi penguasa di Compound Putra dan Putri.

Dalam Sanlida World Ranking, D’Almeida asal Brasil memimpin posisi puncak dengan total 382 poin. Pada posisi kedua, pemanah flamboyan asal Amerika Serikat Brady Ellison, dan Mauro Nespoli asal Italia di posisi ketiga.

Sementara itu, juara dunia tahun lalu Mete Gazoz asal Turki berada di posisi ketujuh, yang memiliki total poin 220 yang sama dengan Kim Woojin asal Korea Selatan di posisi enam.

Untuk recurve putri, posisi puncak kembali berganti. Casey Kaufhold dari Amerika Serikat melangkahi bintang baru asal Korea Selatan Lim Sihyeon di posisi puncak. Casey mengumpulkan total 296,75 poin sedangkan Lim Sihyeon 276. Untuk osisi ketiga dan keempat diisi oleh pendatang baru, Alexandra Valencia asal Mexico dan Maria Horackova asal Republik Cech.

Penny Healey, yang sebelumnya bertengger di peringkat satu dunia, kini harus puas menghuni posisi kelima, disusul oleh Kang Chae Young asal Korea Selatan. Dua rekan Kang lainnya, Choi Misun berada di posisi delapan dan An San di posisi sepuluh.

Pada papan peringkat yang sama, atlet recurve Indonesia, Arif Pangestu kini berada di posisi 41 dan Riau Ega di posisi 82, sedangkan untuk recurve putri, Diananda Choirunnisa di posisi 50 dan Reza Octavia di posisi 144 dunia.

Untuk Compound putra, Mike Schloesser masih belum tergoyahkan di posisi puncak dengan total 360 poin, disusul Josef Bosansky asal Slovakia di posisi kedua, dan Mathias Fullerton asal Denmark di posisi ketiga.

James Lutz dari Amerika Serikat pada peringkat keempat, kemudian tiga pemanah compound putra asal India menguasai peringkat lima hingga tujuh, yaitu Verma, Jawkar, dan Deotale. Ketiganya sering menjadi jawara untuk world cup series yang diselenggarakan pada tahun lalu.

Ella Gibson, compound putri asal Inggris raya masih menjadi penguasa, disusul pemanah compound fenomenal asal Kolombia Sara Lopez, dan pemanah tangguh asal India Jyoty Vennam di posisi ketiga.

Pemanah compound putri India lainnya Swami, yang tahun lalu tampil memukau di beberapa turnamen, berada di posisi delapan, sedangkan Tanja Gellenthien dari Denmark di peringkat empat, Andrea Becerra dari Mexico di peringkat lima, dan Elisa Rooner di posisi ke enam.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.