BeritaCoach Lee Kyung Chul, Garansi Medali Olimpiade Paris

28 Februari 2024

Jakarta, 28 Februari 2024 – Dengan semakin mendekatnya ajang olahraga terbesar dunia Olimpiade Paris 2024, PB Perpani yang telah meloloskan dua atletnya di ajang tersebut turut berbenah. Salah satunya dengan mendatangkan pelatih kaliber dunia asal negeri ginseng Korea Selatan Coach Lee Kyung Chul. Kedatangan Coach Lee, demikian dia disapa, menjadi garansi bagi PB Perpani untuk meraih medali pada pentas Olimpiade Paris tersebut.

Saat ini, Coach Lee telah bergabung dengan tim pelatih Indonesia dan mengasuh atlet pelatnas untuk divisi recurve, termasuk Arif Pangestu dan Diananda Choirunisa yang telah memastikan lolos ke ajang Olimpiade.

Coach Lee (paling kiri) mendampingi tim nasional panahan Korea Selatan pada salah satu ajang World Cup Series.

Kehadiran Coach Lee sebenarnya menggantikan posisi Park Young Geol, pelatih Korea Selatan di pelatnas sebelumnya, yang telah habis masa kontraknya hingga Desember lalu.

Coach Lee bukan nama yang asing lagi untuk dunia panahan internasional. Dia telah malang melintang di dunia panahan dan menjadi pelatih untuk beberapa negara. Sebelum bergabung dengan PB Perpani, Coach Lee adalah pelatih compound putra Korea Selatan untuk periode 2022 hingga 2023 lalu.

Beberapa anak asuhnya, antara lain  CHOI Yonghee, KIM Jongho, YANG Jaewon yang meraih sejumlah prestasi pada ajang World Archery Series maupun World Championships.

Sebelum menjadi pelatih Korea Selatan, pada 2022, Lee berada di belakang kesuksesan para atlet panahan India. Tangan dinginnya telah melahirkan atlet panahan India yang saat ini sangat disegani, baik di divisi compound maupun recurve.

Lee juga pernah melatih tim nasional Malaysia pada 2019 dan pelatih kepala Swiss periode 2016 – 2022. Berkat tangan dinginnya tersebut, Korea Selatan memanggilnya bergabung bersama tim nasional negeri ginseng tersebut.

“Kedatangan Lee merupakan bagian dari upaya kami untuk meraih prestasi lebih tinggi di ajang Olimpiade Paris 2024. Tangan dingin Lee dan pengalamannya semoga dapat membimbing atlet-atlet pelatnas untuk dapat berbicara lebih baik di ajang internasional dan olimpiade. Mereka menjadi semakin percaya diri dengan hadirnya Lee,” ujar Waketum II Bidang Pembinaan dan Prestasi Abdul Razak.

Sementara itu, dalam rangka persiapan pelatnas menuju Olimpiade Paris, komposisi pelatih mengalami perubahan. Selain masuknya Lee dalam jajaran pelatih, saat ini pelatih kepala dipegang oleh Lilies Handayani. Peraih medali perak Olimpiade Seoul tersebut diharapkan dapat membagikan pengalaman dan jam terbangnya untuk atlet recurve yang akan berlaga di Paris nantinya.

Sementara itu, olimpian Hendra Setijawan, yang sebelumnya menjabat sebagai pelatih kepala, bersama Denny Decko tetap memperkuat jajaran pelatih tim nasional panahan Indonesia.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.