BeritaBeregu Recurve: Diananda Bawa Jatim Putri Berjaya, Banten Putra Tampil Mengejutkan

19 November 2023

KUALIFIKASI PON XII ACEH

Beregu putra Banten tampil mengejutkan karena secara individual, tidak ada satupun dari antaranya ketiga atlet tersebut adalah atlet pelatnas. Secara akumulasi untuk beregu, mereka berada di peringkat tujuh di babak kualifikasi.  

Bogor, 19 November 2023 – Banten dan Jawa Timur mengokohkan diri sebagai beregu recurve terbaik putra dan putri setelah dalam partai puncak berhasil menyisihkan lawan-lawannya di ajang Pra PON XII Aceh, Sumatera Utara, yang berlangsung di GOR Pajajaran, Bogor, Jawa Barat pada Minggu (19/11/23).

Pada final beregu putra Divisi Recurve, Banten yang diperkuat oleh Muhammad Amirullah, Raz Azhar Aza, Qiryan Rafi Adiputro berhasil menekuk beregu putra dari Jawa Barat, yang diperkuat oleh Ahmad Khoirul Baasit, Dzar El Ghifar Zen, Gian Rahul Legolas dengan skor 6 – 2. Jawa Barat berhasil mencuri poin pada putaran kedua, namun selebihnya Banten selalu unggul dalam pencapaian skor.

Dari hasil kualifikasi, Banten sebenarnya berada di peringkat tujuh dengan total skor 1872. Namun, di babak eliminasi, Banten melaju meyakinkan hingga ke babak final dengan mengalahkan Lampung di babak perdelapan final, Jawa Timur di perempat final, dan Kalimantan Timur di semifinal.

Sementara itu, pada final beregu putri di Divisi Recurve, Jawa Timur yang diperkuat oleh peraih tiket Olimpiade Paris 2024 Diananda Choirunisa, bersama dua rekannya Ayu Mareta Dyasari dan Putri Karina Rachmayanti berhasil mengalahkan wakil dari DI Yogyakarta, yang diperkuat oleh salah satu atlet pelatnas Anindya Nayla Putri bersama dua rekannya Titik Kusuma Wardhani dan Zulfa Khoirina Dewi.

Beregu putri Jawa Timur mengalahkan DI Yogyakarta dengan skor meyakinkan 6 – 0. Jawa Timur juga mengalahkan Sumatera Utara di perdelapan final, Lampung di perempat final, dan Jawa Tengah di semifinal. Rata-rata kemenangan Jawa Timur atas beregu putri lainnya diraih dengan skor 6 – 0, kecuali ketika berhadapan dengan Lampung, skor akhir 5 – 1.

Kemenangan Jawa Timur memang tak tergoyahkan sejak hasil menunjukkan peringkat atlet-atletnya di babak kualifikasi. Dengan total skor 1912, Jawa Timur menduduki unggulan pertama di beregu putri Divisi Recurve. Secara individual, Diananda juga mencatat skor tertinggi secara perorangan di babak kualifikasi, dengan total skor sekitar 662, jauh meninggalkan atlet recurve putri lainnya.

Sementara itu, Riau Ega yang menduduki peringkat pertama di babak kualifikasi recurve putra hanya mampu mengantar Jawa Timur hingga ke babak perempat final. Jawa Timur harus mengakui keunggulan Banten.

Peraih tiket olimpiade Paris 2024 lainnya, Arif Pangestu, mampu membawa timnya DI Yogyakarta hingga meraih juara tiga. Di babak semifinal, DI Yogyakarta kalah dari Jawa Barat, yang dipimpin oleh Ahmad Baasith, salah satu junior Arif Pangestu di pelatnas.

Beregu putra Banten sendiri tampil mengejutkan karena secara individual, tidak ada satupun dari antaranya ketiga atlet tersebut adalah atlet pelatnas. Rangking terbaik di babak kualifikasi ditoreh oleh Raz Azhar Aza di urutan enam, Ryan di peringkat 13, dan Amirullah di peringkat 52. Secara akumulasi untuk beregu, mereka berada di peringkat tujuh.

Sementara itu, tampil sebagai juara ketiga dan keempat untuk beregu putra adalah perwakilan dari DI Yogyakarta dan Kalimantan Timur, sedangkan juara ketiga dan keempat untuk beregu putri dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jawa Barat dan Jawa Tengah meraih enam tiket sekaligus untuk tiga atlet putra dan tiga atlet putri di Divisi Recurve.

Dengan hasil tersebut, 12 tiket PON XII Aceh, Sumatera Utara berhasil direbut oleh para semifinalis beregu putra dan putri, di antaranya:

Beregu Recurve Putra

1. Provinsi Banten
2. Provinsi Jawa Barat
3. Provinsi DI Yogyakarta
4. Provinsi Kalimantan Timur

Beregu Recurve Putri

1. Provinsi Jawa Timur
2. Provinsi DI Yogyakarta
3. Provinsi Jawa Barat
4. Provinsi Jawa Tengah

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.