BeritaMenggayut Asa Di Shanghai, Timnas Panahan Target Naikkan Level Skor

13 Mei 2023

Kami berharap Shanghai menaikkan kurva performa para atlet dalam mempersiapkan ajang utama kualifikasi Olimpiade dan Asian Games. Mereka telah memiliki bekal yang cukup pada level persaingan internasional di Turki, kemarin

JAKARTA, 13 Mei 2023 – Berbekal peta kekuatan pada Hyundai Archery World Cup Stage (AWCS) 1 di Antalya, Turki, tim nasional panahan Indonesia bakal beradu kembali dengan atlet-atlet panahan dunia pada ajang AWCS 2 di Shanghai, China. Kontingen Indonesia telah berangkat pada Sabtu (13/05/23) dinihari tadi melalui bandara internasional Soerkarno Hatta.

Kontingen Indonesia terdiri atas 16 atlet, 6 coach, 2 official, dan bertindak sebagai manager adalah Wakil Sekjen I Kuswahyudi. Ke-16 atlet pelatnas tersebut masing-masing mewakili empat atlet putra dan putri compound, serta empat atlet putra dan putri recurve. Dengan kekuatan penuh tersebut, timnas Indonesia akan bertarung pada semua nomor yang dipertandingkan, baik untuk nomor individu compound dan recurve, nomor beregu dan beregu campuran pada kedua divisi tersebut.

Untuk divisi compound, Ratih Zil’izati Fadhly yang sebelumnya berangkat ke Turki, akan digantikan Linda Sariyani. Ratih sebenarnya menggantikan posisi Linda di Turki karena alasan administrasi.

Kepala Pelatih Timnas Panahan Indonesia Hendra Setijawan mengatakan, atlet panahan timnas Indonesia dalam kondisi prima dan siap berlaga di AWCS 2. Setelah sempat jeda selama seminggu sekembalinya dari Turki, persiapan yang dilakukan timnas Indonesia cukup matang untuk dapat kembali berlaga di Shanghai.

“Atmosfir persaingan mereka sudah dapatkan di Turki ketika berhadapan dengan atlet-atlet panahan dunia lainnya. Memang di Turki ada yang masih kaget, apalagi yang baru pertama kali menjalani turnamen internasional. Tetapi, dengan bekal pada AWCS 1, kami berharap mereka mendapatkan hasil yang lebih baik,” katanya.

Waketum II Pembinaan dan Prestasi Abdul Razak menegaskan, Turki dan Shanghai adalah ajang untuk menaikkan skor dan menjaga asa untuk tetap bersaing di level internasional. Dalam pemusatan pelatihan yang dilakukan PB Perpani, atlet-atlet panahan timnas didorong untuk mencetak skor lebih tinggi dari hasil Turki, pada April lalu.

Dia menambahkan, baik atlet compound maupun recurve, kami harapkan mereka bisa menaikkan skor, baik di babak kualifikasi maupun eliminasi. Titik berat target terutama dari divisi recurve, yang tidak lama lagi harus menjalani kualifikasi Olimpiade. PB Perpani terus menerus mengingatkan para atlet untuk fokus pada tujuan, terutama terkait kualifikasi Olimpiade dan Asian Games.

“Kami berharap Shanghai menaikkan kurva performa para atlet dalam mempersiapkan ajang utama kualifikasi Olimpiade dan Asian Games. Mereka telah memiliki bekal yang cukup pada level persaingan internasional di Turki, kemarin,” tegasnya.

Berikut adalah kontingen atlet dan pelatih yang berangkat ke Shanghai, China:

Divisi Recurve Putra

  1. Riau Ega
  2. Arif Dwi Pangestu
  3. Alviyanto Bagas
  4. Ahmad Khoirul Baasith

Divisi Recurve Putri

  1. Diananda Choirunisa
  2. Rezza Octavia
  3. Catherine Thea Darma
  4. Alpriani Eka Setyowati

Divisi Compound Putra

  1. Deki Adika Hastian
  2. Hendika Pratama Putra
  3. Gilang Aji Jayawardhana
  4. Dhany Diva Pradana

Divisi Compound Putri

  1. Syahara Khoirunisa
  2. Sri Ranti
  3. Firstalitha Kyla Wida Putri
  4. Linda Sariyani

Coach
1. Hendra Setijawan
2. Park Younggeol
3. Denny Decko
4. Hanafi Ramadhani
5. Subarno
6. Permadi Sandra Wibowo

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.