BeritaDorong Kompetensi Wasit, PB Perpani Beri Beasiswa Pelatihan di Singapura

10 April 2023

JAKARTA, 10 April 2023 –  Dalam rangka mencari bibit wasit terbaik, PB Perpani mengundang para wasit cabang olahraga (cabor) Panahan seluruh Indonesia untuk meraih kesempatan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti rangkaian pelatihan perwasitan di Singapura.

Beasiswa pelatihan tersebut diberikan menyusul adanya penyelenggaraan World Archery Asia (WAA) Seminar Continental Judges yang berlangsung di Singapura pada 02 – 04 Juni 2023.

“Kami mengundang wasit nasional dari seluruh daerah untuk mengikuti 2023 WAA Seminar Continental Judges Scholarship Program yang bertujuan untuk mendapatkan kandidat terbaik wasit Indonesia yang akan diberangkatkan ke Singapura,” demikian bunyi surat Sekretaris Jenderal PB Perpani Antonius Riva yang ditujukan kepada seluruh Pengurus Provinsi, pekan lalu.

Adapun terkait program beasiswa tersebut, PB Perpani menyelenggarakan seleksi internal yang bakal diberikan kepada 15 orang wasit yang melamar. Persyaratan bagi wasit yang berminat, antara lain minimal telah dua tahun menjadi wasit nasional terhitung dari tanggal sertifikat, lancar berbahasa Inggris, dan mengantongi rekomendasi dari PengProv.

“Wasit nasional yang berminat, silahkan mendaftarkan diri melalui bit.ly/ContinentalScholarship2023 dan akan mengikuti seleksi tahap awal di antaranya seleksi administrasi dan wawancara berbahasa Inggris melalui platform zoom meeting. Dari seleksi tersebut, akan terpilih 15 peserta yang akan lolos pada tahap seleksi lanjutan,” mengutip dari surat tersebut.

Sementara itu, dari 15 peserta Wasit Nasional yang lolos pada seleksi tahap awal, PB Perpani akan memfasilitasi peserta yang lolos tersebut untuk mengikuti tahapan seleksi akhir dan pembekalan di Jakarta. Hal ini dilakukan untuk memenuhi standar yang ditetapkan WAA bagi peserta yang ingin mengikuti Seminar Continental Judges tersebut.

“Dari 15 peserta Wasit Nasional itu, yang akan dikirim ke Singapura adalah 4 Wasit Nasional. Penilaian akan dilakukan sesuai dengan standar kriteria yang diminta WAA.”

Dikutip dari worldarchery.sport, seminar juri internasional yang berlangsung di Singapura tersebut akan memfasilitasi kompetensi para juri sesuai dengan standar tertinggi yang digunakan dalam cabor panahan internasional. Peserta yang ikut harus mengantongi rekomendasi dari asosiasi cabor masing-masing negara, dan harus sudah menyelesaikan modul e-learning, yang akan difasilitasi PB Perpani pada tahap Seleksi Final.

Berikut adalah jadwal lengkap seleksi program beasiswa Wasit Nasional:

  1. Pendaftaran : 7 s/d 9 April 2023
  2. Seleksi Tahap Awal : 10 – 11 April 2023
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap Awal : 12 April 2023
  4. Seleksi Tahap Final : 15 – 17 April 2023
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap Final : 19 April 2023
  6. Pendaftaran ke WAA : 20 April 2023

 

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.