BeritaPersaingan Ketat, Enam Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Hyundai Archery World Cup

8 April 2023

JAKARTA, 08 April 2023 – Berlaga di kompetisi Piala Dunia Panahan Hyundai atau Hyundai Archery World Cup Stage (AWCS) merupakan impian setiap atlet panahan. Karena kompetisi tersebut merupakan salah satu jalan tercepat untuk dapat mencapai tiket Olimpiade Paris 2024.

Namun, jalan itu tergolong terjal, mission imposible. Setiap atlet harus berkompetisi dengan sekurang-kurangnya 104 atlet terbaik dari negara-negara lain untuk memperebutkan salah satu dari 32 tempat di ajang puncak Hyundai Archery World Cup Final (AWCF). Atlet-atlet tersebut harus mendapatkan poin setinggi-tingginya untuk masuk dalam perhitungan Archery World Cup Rank (AWCR).

Berikut enam hal yang perlu Anda ketahui dari AWCS dan AWCF:

Empat Tahapan untuk Mencapai Final

Piala dunia panahan bertajuk Hyundai World Cup tersebut berlangsung sebanyak empat tahapan (Stage), dengan ajang pembuka di Antalya, menyusul di Shanghai (China), Medellin (Kolombia), dan Paris (Perancis). Setelah empat tahapan tersebut, atlet yang masuk dalam kualifikasi akan dipanggil untuk mengikuti ajang AWCF di Hermosillo (Meksiko). Sementara itu, untuk tahun depan, AWCS akan dipotong menjadi tiga tahapan saja, karena merupakan tahun penyelenggaraan Olimpiade.

Memperebutkan 10 medali untuk setiap AWCS

Setiap negara dapat mengikutsertakan 4 atlet dalam setiap kategori, yaitu maksimal 4 recurve putra, 4 recurve putri, 4 compound putra, dan 4 compound putri. Setiap AWCS memperebutkan 10 medali, di antaranya 4 medali untuk individual di masing-masing divisi dan gender, 4 medali untuk beregu di masing-masing divisi dan gender, serta 2 medali untuk beregu campuran recurve maupun compound.

Sebanyak 32 Pemanah Berlaga di AWCF

Hanya para atlet yang lolos dari AWCS, yang dapat berlaga di AWCF, yang diambil dari masing-masing delapan pemanah dari setiap divisi individu. Karena itu, kurang lebih akan ada 32 pemanah terbaik dari AWCS yang akan berlaga di partai puncak AWCF. Maksimum dua atlet per negara yang dapat berlaga di setiap divisi, kecuali kalau ada yang mendapatkan wildcard.

Poin Dihitung Hingga Urutan ke-32

Para juara dari setiap AWCS akan mendapatkan poin untuk penentuan rangking AWCR. Juara 1 akan berhak mendapatkan 25 poin, juara 2 mendapatkan 21 poin, juara 3 berhak atas 18 poin, hingga urutan ke 32. Untuk urutan 9 sampai 16 akan mendapatkan poin 5 dan untuk urutan 17 sampai 32 mendapatkan poin 1. Sementara itu, untuk yang berakhir di urutan 1 sampai 8, atlet tersebut akan mendapatkan bonus poin, dengan ketentuan urutan pertama mendapatkan bonus 8 poin hingga urutan 8 mendapatkan bonus 1 poin.

Untuk mencapai AWCF, para atlet harus menjadi juara atau yang terbaik pada salah satu AWCS atau sekurang-kurangnya mendapatkan poin setinggi-tingginya untuk dapat diperhitungkan sesuai slot yang tersedia. Karena penentuan untuk dapat berlaga di AWCF dapat ditempuh melalui empat jalur, antara lain juara pada AWCS, wildcard olimpiade, rangking pada AWCR, dan perwakilan negara tuan rumah.

Hadiah bagi Para Juara

Hanya atlet yang berada di urutan pertama hingga delapan yang berhak mendapatkan hadiah. Sebagai gambaran, juara 1 untuk setiap AWCS akan mendapatkan total hadiah uang sebesar 4500 CHF, juara 2 sekitar 2500 CHF, dan juara 3 sebesar 1700 CHF. Sementara untuk juara AWCF, hanya empat atlet teratas yang mendapatkan hadiah uang, dengan perincian juara 1 AWCF akan mendapatkan hadiah uang sebesar 30000 CHF, juara 2 sebesar 15000 CHF, juara 3 sebesar 8000 CHF, dan juara 4 sebesar 1500 CHF.

Tiket Olimpiade Paris

Karena AWCF merupakan salah satu kompetisi yang diperhitungkan sebagai ajang kualifikasi Ompiade Paris 2024, pemegang medali pada AWCF akan otomatis mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024. Karena itu, setiap atlet berjuang untuk menjadi juara atau mendapatkan poin tertinggi pada setiap AWCS yang diikuti. Dengan poin tertinggi, setiap atlet masih memiliki kans untuk bertanding di AWCF dan kemungkinan mendapatkan juara.

 

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.