BeritaSetelah Juara Umum, Indonesia Jadi Tuan Rumah Ajang Barebow ASEAN Tahun Depan

8 Maret 2023

JAKARTA, 08 Maret 2023 – Indonesia bakal menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan ajang International Barebow Archery Championship tahun depan, setelah untuk pertama kalinya penyelenggaraan tersebut diadakan di Selangor, Malaysia. Tongkat estafet dalam bentuk penyerahan bendera kepanitiaan sudah diserahkan kepada kontingen Indonesia di sela-sela turnamen tersebut pekan lalu.

Pada ajang perdana Selangor International Barebow Archery Championship 2024, Indonesia keluar sebagai juara umum, mengalahkan delapan negara ASEAN lainnya, di antaranya Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, dan Brunei Darussalam. Indonesia sendiri mengirim tiga kontingen utama, yaitu Barebow Indonesia Pertamina Fastron, Waroeng SS, dan kontingen dari Padang dan Pekanbaru.

Ketua Barebow Indonesia dari Barebow Pertamina Fastron Andri Purnama atau yang dikenal Abah Pundi, yang sekaligus Head Coach Pertamina Fastron mengatakan, penyelenggaraaan kejuaraan barebow sekawasan ASEAN tersebut mendapat sambutan dan animo luar biasa dari komunitas barebow negara-negara kawasan tersebut. Kontingen barebow Pertamina Fastron sendiri mengirim paling banyak jumlah kontingen sekitar lebih dari 20 orang.

Dari kontingen yang terkirim tersebut, Pertamina Fastron mendulang prestasi yang menjanjikan, antara lain Juara 3 Kualifikasi Putra melalui atlet Sony Indra Syahputra,  Juara 2 Kualifikasi Beregu Putra melalui Sony Indra Syahputra, Teni Taryana, Zonal Ulul Alba, Juara 3 Kualifikasi Beregu Putri atas nama Elis Julianti, Nila Fithrianty, Nurlatifa Usya, Juara 4 Eliminasi Putra atas nama Teni Taryana, Juara 4 Eliminasi Beregu Putri atas nama Elis Julianti, Nila Fithrianty, Nurlatifa Usya, dan Juara 1 Eliminasi Beregu Putra atas nama Sony Indra Syahputra, Teni Taryana, Zonal Ulul Alba.

“Di sela-sela perhelatan tersebut, ada meeting antarnegara ASEAN yang membahas terkait rencana barebow akan ditambahkan sebagai divisi baru untuk Sea Games di Thailand tahun depan. Hal penting lainnya adalah penyerahan mandat kepada kontingen Indonesia, yang diterima oleh Waroeng SS, untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan International Barebow Archery Championship sekawasan ASEAN untuk tahun depan,” ujar dia melalui sambungan telpon, Selasa (07/03/23) kemarin.

Andri menambahkan, dengan semakin jelasnya barebow masuk menjadi salah satu divisi baru di cabang olahraga panahan yang bakal diperlombakan di Sea Games tahun depan, Indonesia seyogyanya segera bersiap, terutama dengan memasukkan barebow tersebut menjadi divisi baru yang diperlombakan di PON Aceh mendatang. Hal ini akan mendorong setiap Provinsi dapat menyiapkan atlet-atlet terbaiknya agar bisa bertanding di ajang PON tersebut.

“Kalau sudah ada di PON, mau tidak mau, Pengprov akan melakukan pembibitan dan pembinaan berjenjang, termasuk menghidupkan turnamen-turnamen barebow daerah untuk mencari dan membina bibit-bibit terbaik barebower nasional. Dari sana, PB Perpani dapat melakukan seleksi dalam rangka pemusatan pelatnas untuk barebower yang the best of the best untuk ajang-ajang internasional, mengikuti divisi-divisi lainnya,” katanya.

Sementara itu, untuk tuan rumah ajang barebow sekawasan ASEAN, Andri menjelaskan, mandat tuan rumah tersebut akan dikomunikasi ke PB Perpani untuk sama-sama bisa menyikapi dan memutuskan langkah persiapan yang harus dilakukan untuk perhelatan tersebut. “Kalau dari rapat kemarin, Waroeng SS sepertinya siap menjadi panitia sekaligus tuan rumah dalam penyelenggaraan ajang tersebut,” kata dia.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.