BeritaTiket Olimpiade Terbuka untuk Riau Ega-Diananda, Indonesia Kejar Medali di Recurve

2 Oktober 2023

DARI ASIAN GAMES 2022

Beregu recurve putri Indonesia bakal bertemu kembali dengan Korea Selatan, yang pernah dikalahkan pada ajang Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, Jerman. Laga tersebut tidak saja mencari pemenang, tetapi juga adu gengsi, terutama Korea Selatan yang dilabeli sebagai tim terkuat di dunia

Hangzhou, 02 Oktober 2023 – Kemungkinan untuk meraih tiket Olimpiade Paris 2024 masih terbuka lebar bagi dua atlet panahan recurve Indonesia Riau Ega dan Diananda Choirunisa. Selain keduanya melenggang ke perempat final pada nomor individual, Riau Ega-Diananda juga menjaga asa di beregu campuran pada ajang Asian Games 2022, di Distrik Fuyang, Hangzhou, China.

Di nomor individual recurve putra, Riau Ega adalah satu-satunya yang lolos ke babak perempat final, setelah pada babak perdelapan final mengalahkan Wei Shaoxuan asal China dengan skor 6 – 4. Skor yang sama juga dia raih dengan mengkandaskan Reaport Jonathan dari Filipina di babak enam belas besar.

Riau Ega bersiap melesakkan anak panah pada ajang Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Rekan junior Riau Ega lainnya, Ahmad Baasith harus menyerah dari unggulan pertama asal Korea Selatan Lee Wooseok dengan skor 1 – 7. Penampilan Baasith sebetulnya cukup meyakinkan dengan memenangi dua laga sebelumnya. Baasith mengalahkan Ganiev Abdumalik dari Tajikistan dengan skor 6 – 0 dan pada babak enam belas besar mengalahkan Islam Md Sagor dari Bangladesh dengan skor yang sama 6 – 0. Namun, pada penampilannya dengan Lee, performa Baasith turun hingga tembakannya meleset dua kali ke angka 7.

Diananda Choirunisa di antaranya atlet lain pada babak eliminasi di ajang Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Sementara itu, Diananda menjalani pertandingan mulai dari babak enam belas besar berhadapan dengan wakil asal Iran Pourmahani Yasna. Keduanya bertanding dengan ketat hingga ke babak shoot off, setelah kedudukan akhir 5 – 5. Rekan dan sahabat karibnya Rezza Octavia yang berhasil masuk ke babak enam belas besar setelah mengkandaskan Bidaure Angela dari Filipina dengan skor 6 -0, juga menapaki jalan terjal yang sama hingga ke babak play off.

Beruntung keduanya dapat lolos ke babak delapan besar, setelah tembakan shoot off terakhir Diananda mendarat di angka 9 sedangkan lawan di angka 8, dan Rezza di angka 10 sedangkan lawan di angka 9. Namun, hasil akhir untuk keduanya berbeda di babak delapan besar, setelah Rezza dikalahkan oleh wakil dari Jepang Sugimoto Tomomi dengan skor 3 – 7. Diananda sendiri memastikan diri melaju ke perempat final dengan mengalahkan wakil dari Vietnam Do Thi Anh Nguyet dengan kedudukan akhir 6 – 2.

Babak perempatfinal juga menanti duet Riau Ega-Diananda. Keduanya mengalahkan wakil dari Mongolia dan akan bertemu wakil India di babak perempat final. Baik nomor individual maupun beregu campuran pada Asian Games ini memperebutkan tiket olimpiade Paris 2024. Peringkat satu dan dua putra dan putri di nomor individual berhak lolos ke Olimpiade Paris, demikian pun sang juara di beregu campuran.

Selain mengejar medali di Asian Games, Riau Ega dan Diananda juga punya kans di nomor beregu putra dan putri. Bersama rekan-rekan lainnya, keduanya terus akan bertanding di babak perempat final nomor beregu untuk memperebutkan medali. Baik beregu putra maupun putri, wakil Indonesia tersebut memenangkan pertandingan di babak perdelapan final melawan tetangga dekat Malaysia.

Bagas Prastyadi dan Arif Pangestu bersiap menembahkan anak panah pada babak kualifikasi ajang Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Diananda dan dua rekan recurve putri lainnya mengalahkan Malaysia dengan skor 6 Р2 dan akan berhadapan dengan Korea Selatan di babak perempat final. Partai ini mengingatkan keberhasilan Indonesia mengalahkan beregu putri Korea Selatan di ajang Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, Jerman beberapa waktu lalu. Sementara itu, beregu recurve putra berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 5 Р3 dan akan berhadapan dengan wakil Iran di babak perempat final.

Dengan masih ada wakil-wakil Indonesia di semua nomor, baik individual, beregu, maupun beregu campuran, peluang cabang olahraga panahan mempersembahkan medali untuk Indonesia cukup besar. Namun, lawan-lawan yang dihadapi pada babak berikut tidaklah mudah. Para atlet diharapkan bisa menguasai keadaan dan dapat menampilkan performa terbaik untuk menyanyikan Indonesia Raya di Fuyang, Hangzhou, China.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.