BeritaKetua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid Tambah Daya Gedor Kontingen di Berlin

2 Agustus 2023

LAPORAN DARI BERLIN

Sesuai dengan janji kami, Indonesia akan proaktif untuk mengikuti berbagai ajang dan event panahan internasional, termasuk dalam Kongres World Archery. Kita akan semakin lebih dekat dengan ekosistem panahan dunia dan membawa nilai positif untuk memajukan panahan Indonesia

BERLIN, 02 Agustus 2023 – Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid hadir di antara para atlet dan kontingen Indonesia yang tengah berlaga di ajang Hyundai World Archery Championships (WAC) di Berlin, Jerman. Dengan laga yang mulai beranjak ke fase eliminasi, kehadiran Arsjad Rasjid menambah daya gedor dan semangat Tim Merah Putih dalam menggapai misi menuju Olimpiade Paris 2024.

Arsjad Rasjid menyinggahi Berlin dari lawatannya ke beberapa negara sebagai Ketua ASEAN Business Advisory Council (BAC) 2023, yang juga tengah memasuki masa-masa kritis menuju hari puncak, pada September mendatang.

Dia mengunjungi kontingen Indonesia untuk memastikan keikutsertaan Indonesia pada Kongres ke-55 World Archery. Indonesia berada di antara lebih dari 100 negara yang mengirimkan delegasinya ke kongres tersebut.

Ketua Bidang Pariwisata dan Industri Olahraga PB Perpani Francis Wanandi (kiri) dan Legenda Tiga Srikandi Indonesia Lilies Handayani menjadi delegasi Indonesia di World Archery Congress, di Berlin, Jerman.

Dalam kongres World Archery tersebut, sejumlah masukan dari berbagai perwakilan ditampung untuk semakin memantapkan posisi panahan sebagai salah satu cabang olahraga yang semakin diminati masyarakat global. Salah satu poin penting dari kongres tersebut adalah mempertimbangkan untuk menghilangkan sistem pool pada kompetisi resmi panahan dunia dan menggantikan dengan babak aduan atau head to head.

Dengan sistem saat ini, yang memberlakukan Babak Kualifikasi, banyak atlet panahan dunia yang sudah gugur lebih dulu tanpa memiliki kesempatan untuk berhadapan dengan pemanah top dunia. Dengan sistem aduan, para pemanah akan berhadapan terlebih dahulu dengan pemanah lain di kelompok peringkat yang relatif sama. Peringkat ditentukan oleh keikutsertaan atlet pada sejumlah turnamen yang ditentukan.

Para delegasi berfoto bersama di panggung utama World Archery Congress di Berlin, Jerman. Francis Wanandi dan Lilies Handayani berada di tengah peserta kongres.

Perubahan tersebut, selain memacu para atlet untuk berkembang, tetapi juga menjadikan turnamen panahan sebagai ajang yang atraktif dan menarik bagi penonton. Setiap pemanah memiliki kesempatannya untuk mengukur dan meningkatkan kemampuannya, dan para penonton disuguhkan dengan duel tembakan dari sesi aduan tersebut.

“Sesuai dengan janji kami, Indonesia akan proaktif untuk mengikuti berbagai ajang dan event panahan internasional, termasuk dalam Kongres World Archery. Dengan demikian, kita akan semakin lebih dekat dengan ekosistem panahan dunia, memiliki kesempatan untuk belajar banyak, dan membawa nilai positif untuk dapat diterapkan dalam memajukan panahan Indonesia,” tegas Arsjad.

Semangati Atlet

Dalam kesempatan istimewa tersebut, Arsjad Rasjid juga mendatangi para atlet, pelatih, dan official yang sedang berlaga di ajang Hyundai WAC 2023, di Berlin, Jerman. Misi kontingen Indonesia di Berlin adalah mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024, yang pada ajang tersebut diperebutkan bagi atlet peraih medali, dari podium pertama hingga ketiga.

Ketum PB Perpani Arsjad Rasjid (kiri) memberikan semangat kepada para atlet recurve putra putri Indonesia yang berlaga di ajang Hyundai World Archery Championships, di Berlin, Jerman.

“Saya berpesan kepada para atlet agar bertanding sebaik dan semaksimal mungkin. Tiket medali Olimpiade Paris 2024 adalah hasil dari sebuah proses terbaik, mulai dari masa persiapan hingga pada turnamen WAC ini. Karena itu, saya meminta kepada para atlet untuk fokus pada proses, pada setiap fase untuk menghasilkan tembakan yang sempurna. Kita berdoa juga, syukur alhamdulilah, apabila diberi berkat hadiah tiket Olimpiade Paris 2024 di turnamen ini,” ujar Arsjad.

Kepada para pelatih dan official, dia berpesan agar membantu semaksimal mungkin para atlet yang berlaga di ajang tersebut. Para atlet adalah ujung tombak prestasi panahan Indonesia, yang akan semakin terasah tajam apabila memperoleh pendampingan yang dapat memaksimalkan potensi tersebut.

Ketum PB Perpani Arsjad Rasjid (tengah) bersama atlet, pelatih, dan official berfoto bersama setelah sesi briefing di sela-sela ajang Hyundai World Archery Championships, di Berlin, Jerman.

“Kalau ada yang kurang, yang butuh segera untuk dipenuhi, segera kita berkoordinasi untuk bisa melapangkan jalan menuju prestasi terbaik. Kita bantu para atlet untuk mempersembahkan kado terbaik untuk ulang tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Seperti diketahui, hari ini para atlet akan turun kembali ke lapangan untuk bertanding di babak eliminasi. Indonesia akan bertanding di nomor beregu putra recurve, beregu putri recurve, dan beregu campuran.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.