BeritaEnam Atlet Segel Tiket Olimpiade Paris, Penny Healey Terlampau Emosional

1 Juli 2023

Krakow, 01 Juli 2023 – European Games yang selevel dengan Asian Games baru saja selesai digelar di Krakow, Polandia dengan enam tiket olimpiade Paris 2024 cabang olahraga panahan telah disegel. Keenam atlet yang beruntung tersebut merupakan pemegang mahkota di beregu campuran dan individual recurve, baik putra maupun putri.

Pasangan beregu campuran dari Spanyol, Canales Elia – Alvarino Garcia Miquel, lebih dulu memastikan posisinya di Olimpiade Paris 2024 setelah keluar sebagai kampium, dengan mengalahkan pasangan dari Ukraina, Pavlova Anastasia – Kozhokar Ivan. Pada babak final tersebut, Canales-Miquel mengalahkan pasangan Ukraina dengan skor 5 – 1.

“Kami tahu kemampuan yang kami miliki dan yakin bisa sampai ke final, tetapi kami tetap menenangkan diri dan berproses tahap demi tahap. Pada akhirnya saya tidak bisa berkata apa-apa untuk melukiskan perasaan saya, karena saya sangat bahagia dengan hadiah terbesar ini. Pencapaian ini sangat berarti bagi kami, tidak saja karena tiket olimpiade sudah di tangan, tetapi juga karena proses yang sudah kami lewati hingga kini,” ujar Canales, yang hari itu juga merayakan ulang tahunnya.

Tiket olimpiade lainnya diraih oleh Penny Healey, yang pada final recurve putri di ajang tersebut mengalahkan Canales. Healey tampil cukup dominan di partai final, dengan mengunci kemenangan di atas skor 6 – 2. Gadis berusia 18 tahun tersebut, mencetak perfect point pada putaran kedua dan menggungguli Canales pada putaran berikutnya. Sementara itu, putaran pertama dan keempat, keduanya berbagi skor imbang.

“Saya memenangkan tiket olimpiade Paris ini untuk nenek saya yang baru saja meninggal, ketika saya berangkat ke Polandia. Pertandingan ini tidak mudah, apalagi berhadapan dengan lawan yang tangguh. Tetapi, saya ingin mempersembahkan hadiah terbesar untuk satu kuota tiket Olimpiade Paris untuk nenek saya, dan saya melakukannya,” kata Healey sambil menunjukkan tangannya ke langit, seolah ingin memberikan hadiah untuk neneknya yang baru saja pergi.

Dengan Canales yang sudah mengisi satu tiket olimpiade dari beregu campuran, satu tiket dari recurve putri akhirnya jatuh ke tangan Chiara Rebagliati dari Italia. Bertanding memperebutkan tempat ketiga, Chiara harus berhadapan dengan Pavlova. Pertarungan keduanya cukup imbang, dengan saling bergantian memimpin sejak putaran pertama. Namun, pada putaran terakhir Chiara beruntung mampu menguasai keadaan dan unggul, sehingga skor akhir menjadi 6 – 4.

“Saya sudah mempertaruhkan banyak hal untuk event ini dan berusaha untuk melakukan yang terbaik. Saya berusaha untuk fokus, dan saya sangat bahagia karena akhirnya mendapatkan satu kuota,” kata Chiara.

Pada individual recurve putra, Florian Unruh dari Jerman tak terhentikan dan keluar sebagai juara, setelah mengalahkan Miquel. Kemenangannya itu memastikan dirinya akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Di samping Unruh, Dan Olaru dari Moldova juga dipastikan mendapatkan tiket. Hal ini terjadi karena Miquel telah menyegel kuota dari beregu campuran dan Pablo Acha, kendati berada di peringkat ketiga, harus merelakan satu tiket ke Dan Olaru karena asalnya sama-sama dari Spanyol.

“Saya selalu meyakinkan diri untuk bisa memenangkan medali emas di sini, tetapi pada divisi recurve putra, segala sesuatu bisa saja terjadi. Ini adalah salah satu kemenangan terbesar saya, dan Paris akhirnya datang juga,” kata Unruh dengan wajah gembira.

Dan Olaru belum mau merayakan keberhasilannya meraih tiket olimpiade Paris. Walaupun sudah dapat dipastikan mendapat satu tiket olimpiade, dia ingin mendapat konfirmasi langsung dari panitia setelah World Archery Championship di Berlin, Agustus nanti. “Saya memang sudah diinformasikan oleh banyak pihak bahwa satu tempat di Paris untuk saya, tetapi saya ingin dengar langsung kepastian itu dari panitia olimpiade,” kata dia.

Berikut daftar lengkap peraih tiket Olimpiade Paris setelah European Games:

  • Perancis (tuan rumah): 3 atlet putra dan 3 atlet putri
  • Jerman: Florian Unruh
  • Spanyol: Elia Cannales, Miquel Garcia
  • Inggris Raya: Penny Healey
  • Italia: Chiara Rebagliati
  • Moldova: Dan Olaru
https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.