BeritaSiap-Siap untuk SEA Games 2024, Kejurnas Barebow Bakal Digelar

12 April 2023

JAKARTA, 12 April 2023 – PB Perpani bakal menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan divisi Barebow dalam rangka memantau potensi atlet berprestasi dan penentuan rangking nasional pada divisi tersebut. Penyelenggaraan Kejurnas Barebow tersebut juga menjadi realisasi dari komitmen pengurus saat ini yang bakal mendorong divisi barebow untuk berlaga di pentas multievent PON maupun SEA Games.

Dalam surat yang disampaikan kepada semua Pengurus Provinsi (PengProv) Perpani, Sekretaris Jenderal PB Perpani Antonius Riva mengatakan, jadwal pelaksanaan babak kualifikasi atau Pra PON 2024 dan Kejurnas Barebow 2023 akan berlangsung pada 19 – 30 November di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Jadwal tersebut berubah dari tanggal pelaksanaan sebelumnya pada 24 Agustus sampai dengan 5 September 2023 karena padatnya penyelenggaraan berbagai event olahraga nasional dan internasional,” ujar dia.

Dalam surat yang sama, PB Perpani juga menyampaikan bahwa Kejurnas Panahan Junior 2023 akan dilangsungkan pada 14 sampai dengan 24 Juli 2023.

Kedua ajang nasional tersebut dilakukan dalam rangka memantau dan menyeleksi bibit-bibit atlet berprestasi, yang akan diproyeksi dalam kejuaran-kejuaraan berjenjang, seperti multievent PON, SEA Games, ASIAN Games, maupun Olimpiade. Dengan adanya ajang tersebut, penentuan rangking atlet panahan secara nasional juga dapat dilakukan.

Sementara itu, untuk divisi barebow, ajang tersebut bakal menjadi persiapan dan realisasi dari komitmen serius PB Perpani dalam mendorong divisi barebow untuk berlaga di multievent PON. Hal ini dilakukan karena besar kemungkinan divisi barebow juga akan masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2024. Thailand sebagai tuan rumah dalam masa pemantauan dan ancang-ancang untuk memasukkan tambahan divisi barebow pada cabor panahan SEA Games 2024.

Seperti diketahui, hingga kini divisi barebow belum sekalipun dipertandingkan di ajang multievent. Pasalnya, pada SEA Games dan ASIAN Games hanya divisi recurve dan compound yang diperlombakan. Sementara itu, untuk ajang Olimpiade, hanya divisi recurve yang dipertandingkan. Namun, dengan kemungkinan besar barebow masuk ke SEA Games, hal ini menjadi pijakan yang mendasar bagi Indonesia untuk mempersiapkan atletnya melalui berbagai ajang nasional, seperti Kejurnas dan PON.

 

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.