BeritaPERPANI Dukung Barebow Archery Masuk PON

9 Maret 2023

JAKARTA–Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) mendukung upaya memasukkan kategori Barebow pada cabang olahraga panahan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumatra Utara. Kategori Barebow layak dipertandingkan dalam PON karena atlet dan peminatnya hampir ada di semua provinsi.

Minat terhadap kategori Barebow pada cabang olahraga panahan itu diperlihatkan ketika ekshibisi di lapangan panahan Gelora Bung Karno, Rabu (8/3/2023). Ada 72 atlet panahan kategori Barebow dari 11 provinsi di Indonesia yang mengikuti ekshibisi.

“PERPANI mengirimkan undangan kepada klub di berbagai provinsi untuk mengikuti ekshibisi dengan kuota 72 atlet kategori Barebow. Tak sampai sehari, kuota pendaftaran sudah penuh,” kata Wakil Ketua Umum II bidang Pembinaan Prestasi PERPANI sekaligus Ketua Panitia Seleknas 2023, Abdul Razak.

PERPANI menggelar ekshibisi kategori Barebow di sela acara Seleksi Nasional atlet panahan untuk menghadapi Olimpiade dan Asian Games. Seleksi Nasional Tahap 2 ini berlangsung pada 8-10 Maret yang diikuti 52 atlet. Mareka akan dipilih  berdasarkan hasil skor dan psikotes untuk masuk Pelatnas.

“Ekshibisi ini memperlihatkan bahwa kategori Barebow banyak peminatnya dari semua usia. Hampir semua provinsi memiliki atlet Barebow. Untuk itu, kami akan mendorong kategori ini masuk PON,” ujar Razak.

Untuk diketahui, kategori Barebow pada cabor panahan tidak dipertandingkan dalam multievent seperti PON, SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade. PON menggelar kategori Recurve, Compound, dan Nasional. Adapun SEA Games dan Asian Games mempertandingkan Recurve dan Compound. Sedangkan Olimpiade hanya Recurve.

Razak mengatakan, Perpani akan menyuarakan wacana masuknya kategori Barebow ini pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 12-13 Maret 2023. “Mudah-mudahan bisa karena potensinya besar,” ujar Razak.

Indonesia sejatinya memiliki prestasi bagus di kategori Barebow ini. Pada Barebow Archery Championship 2024 di Selangor, Malaysia. Indonesia keluar sebagai juara umum, mengalahkan delapan negara ASEAN lainnya, di antaranya Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Indonesia bakal menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan ajang International Barebow Archery Championship tahun depan. Dari rangkaian kejuaraan Barebow Archery itu ada kemungkinan kategori ini akan diperlombakan dalam SEA Games.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.