BeritaKualifikasi Segera Digelar, PB Perpani Kejar Tiket Olimpiade Paris

27 Februari 2023

JAKARTA, 27 Februari 2023 – Cabang olahraga (cabor) Panahan termasuk salah satu yang dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Para jagoan dari berbagai negara akan berhadapan di Pusat Ibu Kota Paris pada 25 Juli hingga 04 Agustus 2024.

Sekjen PB Perpani Antonius Riva mengatakan, setelah menyelenggarakan Seleksi Nasional (Seleknas) 2023, PB Perpani akan kejar tayang untuk mempersiapkan para atlet panahan nasional untuk mengikuti rangkaian kejuaraan kualifikasi Olimpiade Paris.

“Kita sudah tidak punya waktu yang lama. Atlet kita harus segera bersiap untuk proyeksi berbagai kejuaraan dan segera meraih tiket Olimpiade Paris,” ujar dia.

Sebagaimana dikutip dari www.worldarchery.sport, dari cabor panahan, total ada lima medali emas yang diperebutkan, di antaranya perorangan putra recurve, perorangan putri recurve, tim putra recurve, tim putri recurve, dan recurve beregu campuran. Karena itu, hanya akan ada 128 pemanah, terdiri atas 64 putra dan 64 putri yang bakal berlaga memperebutkan lima medali emas tersebut.

“Atlet yang berhak tampil di Olimpiade Paris harus terlebih dahulu dinyatakan lolos kualifikasi, yang bakal dimulai pada Kejuaraan Panahan Dunia Hyundai 2023 di Berlin dan akan berakhir pada kualifikasi terakhir di Antalya, Juni 2024,” demikian penjelasan dalam artikel tersebut.

Untuk memperoleh tiket olimpiade, berikut rangkaian kejuaraan yang harus diikuti dan jumlah tiket yang diperebutkan:

Untuk Beregu

  1. 3 Tim (9 tiket) untuk tiga tim teratas di Hyundai World Archery Championships 2023
  2. 3 Tim (9 tiket) untuk juara kontinental di Eropa, Asia, dan Amerika
  3. 3 Tim (9 tiket) untuk tiga tim teratas di turnamen kualifikasi terakhir
  4. 1 Tim (3 tiket) untuk tuan rumah (Prancis)
  5. 2 Tim (6 tiket) untuk tim peringkat tertinggi dunia yang diumumkan pada 24 Juni 2024

Untuk Individual

  1. 3 tiket untuk tiga atlet teratas di Kejuaraan Panahan Dunia 2023
  2. 5 tiket untuk juara beregu campuran di turnamen kontinental di Eropa, Afrika, Amerika, Oseania, dan Asia
  3. 6 tiket untuk dua atlet teratas di olimpiade kontinental di Eropa, Asia, dan Amerika
  4. 10 tiket untuk atlet teratas di turnamen kualifikasi kontinental independent (tiga untuk Eropa, dua untuk Asia, Amerika, dan Afrika, satu untuk Oseania)
  5. 2 tiket untuk dua atlet teratas di kualifikasi final pada 2024
  6. 2 tiket untuk atlet yang diundang secara khusus

Atlet yang mengikuti olimpiade harus memenuhi persyaratan minimum, yaitu mencapai skor minimum 640 poin untuk recurve putra dan 610 poin untuk recurve putri atau mencapai skor maksimum 720 poin (72 anak panah, 70 meter). Perolehan skor minimum tersebut diperoleh dari ajang yang sudah ditentukan sebagai kualifikasi olimpiade.

Untuk informasi detil, dapat diakses melalui: https://www.worldarchery.sport/news/201083/how-do-archers-qualify-paris-2024-olympic-games

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.