BeritaTersisa Bagas di Individual, Beregu Menapak Perdelapan Final

7 November 2023

LAPORAN DARI BANGKOK

Penampilan atlet Indonesia belum mencapai performa terbaik di kategori individual mudah-mudahan dapat menjadi catatan untuk bangkit di kategori beregu sesuai target

Bangkok, 07 November 2023 – Memasuki babak eliminasi untuk kategori individual, Bagas Prastyadi menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang masih tersisa di babak perdelapan final. Sementara itu, tujuh atlet panahan Indonesia lainnya dan beregu campuran harus menyerah dari lawan-lawannya. Indonesia masih menjaga asa untuk meraih target demi tiket Olimpiade Paris 2024 dari ajang beregu putra dan putri, yang memasuki babak perdelapan final, pada Rabu (08/11/23).

Gugur lebih dulu pada babak eliminasi adalah Alpriani Setiowati di babak empat puluh delapan besar. Berhadapan dengan atlet asal Kazakhstan, Alpriani tidak dapat memperbaiki performa tembakan dan harus menyerah dengan skor 1 – 7.

Di babak yang sama, Gusti Kertinegoro, yang bertanding dari jalur mandiri, juga harus menyerah dari lawannya asal Saudi Arabia. Sempat memberikan perlawanan dengan mencetak perfect score pada putaran keempat, Gusti akhirnya kalah dengan skor 3 – 7.

Namun, hasil berbeda dipetik oleh Safa Hasibuan, yang pada babak yang sama, berhadapan dengan atlet panahan asal Jordania. Safa memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 7 – 1. Sayangnya, pada babak dua puluh empat besar, Safa harus berhadapan dengan seniornya di pelatnas Diananda Choirunisa, yang sudah lebih banyak pengalaman. Safa akhirnya menyerah 4 – 6 di tangan Diananda.

Tren positif yang diperoleh Diananda hanya berlanjut hingga babak enam belas besar. Dia akhirnya ditekuk oleh pemanah asal China Taipei dengan skor 4 – 6. Sementara itu, wakil Indonesia di individu putri lainnya, Rezza Octavia juga mengalami kekalahan dari pemanah asal Filipina di babak dua puluh empat besar dengan kedudukan akhir 5 – 6. Rezza bertanding hingga babak shoot off, sayangnya anak panah terakhir meleset ke angka 6.

Di individual recurve putra, hanya Bagas yang masih bertanding hingga babak perdelapan final. Sebelum mencapai babak tersebut, Bagas mendapat bye pada babak dua puluh empat besar dan langsung bertanding di babak enam belas besar. Bagas mengalahkan pemanah asal Mongolia dengn skor 6 – 0 dan akan berhadapan dengan pemanah asal Kazakhstan di babak perdelapan final.

Sementara itu, Arif Pangestu dan Riau Ega sudah menyerah dari lawan-lawannya di babak dua puluh empat besar. Arif kalah dari pemanah asal Kazakhstan 2 – 6, sedangkan Riau Ega kalah dari atlet asal Mongolia 3 – 7.

Dengan hasil tersebut, selain Bagas, wakil Indonesia hanya akan bermain di beregu putra maupun putri. Asa untuk merebut tiket olimpiade lagi dimulai pada babak perdelapan final. Beregu putra akan berhadapan dengan beregu putra asal Uzbekistan, sedangkan beregu putri akan melawan wakil asal Iran. Sementara itu, untuk beregu campuran, yang diwakili duet Bagas-Rezza juga telah takluk dari lawan asal Iran.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.