BeritaSumut Rajai Beregu U15, Jateng Klaim Dua Emas Beregu U18 Divisi Nasional

20 Juli 2023

LAPORAN KHUSUS KEJURNAS JUNIOR 2023

Jawa Tengah menunjukkan dominasinya sebagai juara bertahan di tahun lalu dengan meraih dua medali emas di Kategori U-18 Divisi Nasional. Namun, penampilan mencengangkan dari Sumatera Utara menjadikan Provinsi tersebut kini diperhitungkan oleh Provinsi lain. 

BOGOR, 20 Juli 2023 –  Tim beregu panahan Sumatera Utara di Divisi Nasional tampil memukau dengan menyabet dua medali emas di kategori U-15 dan memposisikan dirinya sejajar dengan Jawa Tengah sebagai juara bertahan tahun lalu yang meraih dua medali emas di kategori U-18. Medali emas beregu di Divisi Nasional yang tersisa diambil oleh DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Pada perebutan medali emas beregu putra U-15 Divisi Nasional, tim putra DKI Jakarta mengalahkan tim kuat juara bertahan Jawa Tengah. DKI Jakarta diwakili oleh Andhika Putra Satria, Darryl Threezqi Ilyasa, Muhammad Azka Asshrofi, sedangkan Jawa Tengah oleh trio Hafsa Ezra Raif Djafar, Nayaka Azka W, Satrio Bumi Nusantoro. Medali perak di kategori yang sama diraih oleh kontingen dari Jawa Barat, setelah mengalahkan Provinsi Bali.

Penampilan gemilang Satrio Bumi pada Babak Kualifikasi dan Perseorangan tidak mampu mendongkrak tim Jawa Tengah, yang kalah di perebutan medali emas dengan skor 6 – 2. DKI Jakarta mengambil kemenangan pada tiga putaran, sedangkan Jawa Tengah cuma bisa mengungguli DKI Jakarta pada putaran ketiga.

Sementara itu, dua medali emas lainnya, untuk beregu putri dan beregu campuran medali milik Sumatera Utara. Pada beregu putri, Sumatera Utara yang diperkuat oleh Arini Alea Ginting, Nafisah Zahra Tanjung, Shafaul Qalbi mengalahkan DI Yogyakarta, dengan trio pemanah Aisyah Zazkia Firdaus, Quinnaura Aufaluella Syahlaa’k, Tiara Kayana Prasetyo.

Demikian halnya juga dengan beregu campuran, pasangan Sumatera Utara Shafaul Qalbi – Muhammad Bening Firmansyah terlalu tangguh untuk pasangan DKI Jakarta Dira Hulliyya Faradisa – Andhika Putra Satria. Keduanya mengalahkan pasangan DKI Jakarta dengan skor telak 6 – 0.

Medali perunggu untuk beregu putri diklaim oleh tiga pemanah asal Kepulauan RiauAlzena Salsabila Majid, Aqeela Octobrina Pujianto, Yatalana Sheryl Sadeva Lubis, yang mengalahkan beregu putri asal Kalimantan Timur Raysha Ainun Mahya, Reski Amelia, Viona Cynthia.

Jawa Tengah menunjukkan dominasinya sebagai juara bertahan di tahun lalu dengan meraih dua medali emas di Kategori U-18 Divisi Nasional. Medali emas pertama diklaim Jawa Tengah dari beregu putra, dari trio pemanah Arrow Ardra Adnansafa, Gavra Iyar Rendra, dan M Fariz Izzanul A I R. Ketiganya mengalahkan trio pemanah asal Jawa Timur Dzakwan Azulfa Kusuma Putra, Fahim Haykal Ataka, dan Khistiano Teja Kusuma.

Sementara itu untuk tempat ketiga dan keempat, Jawa Barat berhasil meraih medali perunggu melalui trio Farid Febriansyah Dinar, M Ammar Iffatul Abyan, Muhammad Fairuz Safa Alzena, yang mengalahkan trio pemanah asal DKI Jakarta Alisyahbana, Muhammad Azka Ghaisan, dan Syafiqri Bramantyo.

Medali emas untuk Jawa Tengah berikut disumbangkan oleh beregu putri, melalui trio pemanah Aisyah Moezha, Assyifa Putri Elzahra, dan Yulia Dini Putri Kharista. Ketiganya terlalu tangguh untuk pemanah U-18 asal Kalimantan Timur Keisha U.S, Mutiara Zaskia, dan Nazwa Andina. Pada tempat ketiga, Jawa Barat menempati posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu. Ketiga pemanah Jawa Barat Adelia Putri Alifah Zahra, Aidah Afrah Muthmainah, Nabila Ayu Wulandari menggungguli Biru Laksita, Gema Retyan Arinjani, dan Munaa Zulfa Zahrotul Jannah.

Untuk beregu campuran, giliran Jawa Barat yang meraih medali emas. Nabila Ayu Wulandari dan Muhammad Fairuz Safa Alzena mengalahkan duet DKI Jakarta Azka Naira Hanifah dan Muhammad Azka Ghaisan dengan skor ketat 5 – 4. Di final keduanya bermain hingga babak set off, setelah kedudukan berimbang 4 – 4. Keberuntungan ada di tim Jawa Barat, dan DKI harus puas dengan medali perak.

Medali perunggu untuk beregu campuran U18 diraih oleh kontingen asal Lampung. Duet Najwa Aulia Salsabila dan Ridwan Irawan terlalu solid untuk pasangan asal DI Yogyakarta yang diperkuat oleh Gema Retyan Arinjani dan Berlian Nawwar Usnanta.

Penampilan mencengangkan dari Sumatera Utara menjadikan Provinsi tersebut kini diperhitungkan oleh Provinsi lain. Ajang Kejurnas Junior Panahan masih berlanjut ke Divisi Recurve dan Compound. Kita menanti kejutan selanjutnya!

 

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.