Berita24 Atlet Resmi Ke Pelatnas, PB Perpani Komit Harumkan Nama Indonesia

10 Maret 2023

JAKARTA, 10 Maret 2023 – Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) resmi memilih 24 atlet pelatnas cabang olahraga (cabor) panahan. Dari 24 atlet tersebut, 19 atlet merupakan hasil dari rangkaian Seleksi Nasional (Seleknas) yang dilakukan dalam dua tahap sebagai bagian dari komitmen PB Perpani dalam mengharumkan nama Indonesia di ajang turnamen internasional ke depan.

Pengumuman hasil Seleknas tersebut dibacakan pada seremoni penutupan Seleknas Tahap Kedua oleh perwakilan dari pengurus PB Perpani, di antaranya Wakil Sekretaris Jenderal I PB Perpani Kuswahyudi, Wakil Ketua Umum II Pembinaan dan Prestasi PB Perpani Abdul Razak, dan Kabid Binpres PB Perpani Infithar Fajar Putra, di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (10/02/23).

Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid mengatakan, PB Perpani kini memiliki atlet-atlet terbaik yang siap menjalani pemusatan pelatihan dalam rangka mengejar target medali di cabor panahan dalam berbagai event internasional, terutama di ajang Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Seleknas yang sudah dilakukan menghasilkan atlet-atlet panahan terbaik. Langkah selanjutnya adalah melakukan program akselerasi, agar atlet-atlet terpilih dari yang terbaik tersebut dapat bersaing di kancah internasional, termasuk meraih target yang diberikan kepada PB Perpani.

“Saya mengucapkan selamat kepada atlet yang terpilih masuk ke pemusatan pelatihan nasional sebagai aset nasional. Tugas kita masih berat ke depan karena dipercaya sebagai salah satu cabor unggulan. Saya berharap kesempatan yang sudah diraih dengan susah payah tersebut dapat dimanfaatkan demi kejayaan Merah Putih di berbagai kancah internasional,” ujar dia.

Razak, yang juga adalah Ketua Panitia Seleknas, mengatakan, dari hasil Seleknas Tahap Kedua, pihaknya telah memilih 12 atlet terbaik untuk divisi compound, yang masing-masing terdiri atas enam atlet compound putri dan enam atlet compound putra. Sementara itu, untuk divisi recurve, pihaknya mengambil tiga atlet terbaik putra dan empat atlet terbaik putri untuk melengkapi atlet-atlet pelatnas recurve yang saat ini sudah bergabung.

“Atlet yang telah dinyatakan lolos dan terpilih berdasarkan peringkat skor tertinggi akan mulai bergabung ke pelatnas dan menjalani pemusatan latihan dimulai sejak pekan depan. Pelatnas tetap akan memberlakukan promosi dan degradasi, termasuk kompetisi di internal untuk mengukur daya saing atlet sesuai dengan proyeksi turnamen internasional ke depan,” katanya.

Berikut daftar lengkap hasil Seleknas dan atlet-atlet pelatnas cabor panahan: 

Compound Putra

  1. Hendika Pratama Putra
  2. Deki Adika Hastian
  3. Dhany Diva Pradana
  4. Gilang Aji Jayawardhana
  5. Prima Wisnu Wardhana
  6. Catur Wuri Adi Nugroho

 Compound Putri

  1. Syahara Khoerunisa
  2. Firstalitha Kyla Widaputri
  3. Sri Ranti
  4. Linda Sariyani
  5. Ratih Zil’izati Fadhly
  6. Qanita Syauqina Listiyanto

Recurve Putra
1. Riau Ega Agatha Salsabila*
2. Arif Dwi Pangestu*
3. Alviyanto Bagas*
4. Ahmad Khoirul Baasith
5. Muhammad Rafa Abdillah
6. Bagus Gede Agus Yudistiawan 

Recurve Putri
1. Diananda Choirunisa*
2. Rezza Octavia*
3. Alpriani Eka Setyowati
4. Catharine Thea Darma
5. Anindya Nayla Putri
6. Vinethea Natyasha A

*Olimpian dan peraih medali emas nomor individual recurve SEA Games, atlet pelatnas saat ini.

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.