BeritaPendaftaran Dibuka, PB Perpani Bakal Seleksi Atlet dan Pelatih Untuk Pelatnas

2 Maret 2023

JAKARTA, 02 Maret 2023 – Menindaklanjuti hasil Seleksi Nasional (Seleknas) Tahap I yang telah meloloskan 48 atlet panahan, PB Perpani bakal kembali menggelar Seleknas Tahap Kedua pada 08 – 10 Maret 2023, di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno., Senayan, Jakarta. Ke-13 Pemerintah Provinsi yang atletnya telah dinyatakan lolos diharapkan dapat melakukan pendaftaran hingga Jumat, 03 Maret 2023.

“Kami sudah menyurati ke-13 Pemprov yang atletnya lolos untuk mengikuti Seleknas Tahap Kedua. Mudah-mudahan mereka bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan tengat waktu yang diberikan,” ujar Ketua Panitia Seleknas Abdul Razak, Kamis (02/03/23).

Razak menjelaskan, konfirmasi kehadiran para atlet harus menyertakan surat rekomendasi dari PengProv masing-masing yang dikirim melalui email yang sudah tertera dalam surat pemberitahuan. Seperti Tahap Pertama, PB Perpani akan memfasilitasi akomodasi dan konsumsi seluruh atlet  dan official sesuai dengan ketentuan yang sudah disampaikan.

Seperti diketahui, PB Perpani mengundang 48 atlet panahan, masing-masing terdiri atas 12 atlet divisi recurve putra dan putri serta 12 atlet divisi compound putra dan putri. Ke-48 atlet tersebut akan memperebutkan 12 tempat untuk melengkapi kuota atlet pelatnas panahan.

Razak mengatakan, pada hari pertama kedatangan, para atlet akan menjalani psikotest dan wawancara. Hal ini untuk memastikan atlet-atlet yang bakal terpilih ke pelatnas memenuhi standar kemampuan mental dan kepribadian yang mumpuni untuk bersaing di kancah internasional. Setelah menjalani psikotest, hari berikutnya dijadwalkan untuk pengecekan alat dan practice day.

“Sementara itu, dua hari selanjutnya, pada 9 – 10 Maret, akan dilakukan skoring untuk menentukan peringkat terbaik dari setiap atlet yang bertanding,” katanya.

Seleksi Pelatih

Razak menjelaskan, di samping melakukan seleksi terhadap atlet untuk penghuni pelatnas, PB Perpani juga membuka kesempatan bagi pelatih-pelatih panahan terbaik untuk bergabung di pelatnas panahan. Usia pelatih minimal 35 tahun dan memiliki sertifikat tingkat nasional (PB Perpani/Kemenpora/KONI) atau sertifikasi internasional yang telah diakui secara resmi. Pendaftaran seleksi pelatih pelatnas tersebut dapat disampaikan melalui email dalam surat pemberitahuan, yang bakal ditutup hingga 07 Maret 2023.

“Seleksi pelatih pelatnas akan dilakukan pada Kamis, 9 Maret 2023. Kami berharap para pelatih yang sudah berpengalaman dan telah berhasil mencetak atlet berprestasi dengan indikasi perolehan medali, yang bakal mengikuti seleksi dan bergabung dalam jajaran pelatih pelatnas saat ini,” jelasnya.

Razak menambahkan, dalam pendaftaran seleksi pelatih, calon pelatih diharapkan dapat melampirkan rekomendasi dari Pengurus Provinsi, daftar riwayat hidup, dan program kepelatihan. “Semua informasi tersebut akan menjadi materi penilaian untuk menentukan pelatih yang dapat bergabung ke pelatnas,” tutup dia.

 

https://www.indonesiaarchery.org/wp-content/uploads/2023/03/all-logo-copy.png

All contents © copyright Indonesia Archery. All rights reserved.